Kerja di Australia – Dapat bekerja sekaligus tinggal di luar negeri merupakan salah satu impian warga Indonesia. Apalagi bekerja sambil liburan, pastinya warga Indonesia sangat berminat pada hal tersebut.

Australia merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin berkarir dan tinggal di luar negeri. Selain gaji yang di dapat pastinya tinggi, gaya hidup di Australia termasuk yang cukup rendah untuk pendatang baru.

Juga di negara tersebut memiliki suasana tempat tinggal yang nyaman dengan udara yang masih bersih. Alam yang hijau juga masih terbentang luas.

Tentunya menjadi pilihan tepat untuk kamu yang hanya ingin sekedar berlibur namun tetap ingin produktif dengan bekerja.

Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana sih cara kerja di Australia? Dan apa saja syarat yang harus dipenuhi?

Syarat dan Cara Mencari Kerja di Australia

Nah, berikut penjelasan bagaimana cara dan apa saja syarat yang harus kamu penuhi serta ketahui untuk bisa kerja di Australia:

Walaupun lapangan pekerjaan di Australia terbilang cukup banyak, namun persaingan yang terjadi juga sangat signifikan. Terlebih lagi bukan hanya warga Indonesia yang melamar kerja di negara Australia.

Lulus atau tidaknya kamu tergantung oleh beberapa faktor utama yaitu pengalaman, skills yang kamu miliki, sektor pekerjaan yang kamu pilih, syarat yang dipenuhi, dan kota yang kamu pilih.

Syarat Utama

  1. Sudah memiliki pengalaman bekerja di luar negeri
  2. Mampu berbahasa Inggris serta menyertakan berkas skor dari sistem IELTS
  3. Memiliki visa kerja

Cara Mendapatkan Kerja

  • Kamu bisa mencari tahu lowongan pekerjaan luar negeri melalui internet. Salah satu situs web yang menyediakan informasi ini adalah LinkedIn. Disana kamu akan mendapatkan banyak informasi tentang lowongan pekerjaan. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pastikan lengkapi data pribadi kamu disana. Mulai dari CV, Cover Letter, Motivation Letter, E-mail pribadi, dan foto profil sebagai opsi. Ini berguna agar image yang kamu berikan adalah kamu seorang pekerja yang profesional dan mendetail.
  • Melalui lembaga yang menyediakan jasa rekrutmen untuk bekerja di luar negeri. Walaupun kamu harus membayar dengan harga yang cukup mahal, benefit yang didapat juga tidak main-main. Contohnya seperti lembaga pasti mengadakan training untuk para calon pelamar. Selain itu mereka juga pastinya akan memudahkan kamu dalam soal daftar mendaftar.
  • Melalui kenalan yang sudah pernah bekerja di Australia dan tinggal disana. Opsi ini untuk kamu yang ingin berkunjung ke Australia terlebih dahulu, karena biasanya harus bertemu secara tatap muka antara calon pekerja dengan recruiter. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen penting seperti CV dan Cover Letter.
  • Menggunakan program untuk kerja dan liburan. Yang menyediakan program ini adalah Alliance Abroad, dll. Benefit yang didapat berupa: antar jemput bandara, training untuk kamu bisa menyesuaikan diri, merekomendasikan tempat singgah selama masa tinggal, menyediakan jasa buka rekening bank dan nomor wajib pajak.
lowongan kerja di australia

Jenis Visa untuk Kerja di Australia

Disamping itu terdapat tiga macam Visa Kerja yang harus kamu perhatikan sesuai dengan kebutuhan kamu:

Visa Kerja Tetap

Ini adalah visa untuk kamu yang sudah memutuskan untuk tinggal di Australia, berkarir, atau melanjutkan pendidikan. Visa ini berlaku selama 5 tahun, dan kamu bisa berpindah kependudukan menjadi warga Australia.

Beberapa pilihan jenis visa yang bisa didapat: Subclass 189, Subclass 187, Subclass 186, Subclass 190, Subclass 887, dan Subclass 858.

Harga, syarat, dan cara mendapatkan jenis-jenis visa tersebut berbeda-beda.

Visa Kerja Sementara

Jenis visa yang bisa didapat berupa: Subclass 489, Subclass 485, Subclass 482, Subclass 476, Subclass 188.

Sama halnya dengan visa kerja tetap, harga, syarat, dan cara mendapatkan jenis-jenis visa tersebut berbeda-beda.

Visa Kerja dan Liburan

Untuk visa yang satu ini kamu harus memenuhi beberapa syarat, salah satunya adalah visa jenis ini belum pernah kamu miliki.

Dengan visa ini kamu bisa tinggal di Australia selama 1 tahun yang dihitung sejak saat kamu tiba di Australia. Namun kamu bisa melakukan perpanjangan visa ke Pemerintah Australia.

Caranya pun juga lebih mudah jika dibandingkan dengan perpanjangan jenis visa yang lain.

Kerja di sektor budidaya tanaman dan hewan biasanya yang menjadi pilihan untuk visa jenis ini. Karena pekerjaan itu berlangsung secara waktu yang pendek.
Proses pembuatannya hanya berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Dan harga yang diberikan belum termasuk biaya lain-lainnya.

Jenis Lowongan Kerja di Australia untuk Lulusan SMA

Nah, sekarang simak yuk jenis lowongan kerja di australia untuk lulusan SMA apa aja sih yang paling dicari? Dan berapa ya gaji kerja di Australia?

  1. Barista

Sama halnya seperti di Indonesia sekarang ini, di Australia ternyata banyak sekali coffee shop loh.

Biasanya berada di kota-kota besar seperti Perth dan Melbourne. Masyarakat Australia sangat menyukai kopi.

Maka tak heran apabila menjadi barista adalah salah satu pekerjaan yang paling diminati. Dengan memiliki pengalaman dan skill membuat kopi yang enak dan pleatingable, kamu bisa melamar menjadi barista.

Jangan khawatir, gaji yang akan kamu terima bisa mencapai AU$ 19,87/jam sampai AU$ 22,33/jam.

lowongan kerja di australia untuk lulusan sma
  1. Bartender

Australia adalah negara bebas yang dimana terdapat banyak club-club yang membutuhkan banyak bartender. Nah, ini adalah peluang kerja untuk kamu yang tidak memiliki skill atau pengalaman menjadi barista.

Namun apabila kamu berminat untuk menjadi bartender, kamu wajib melakukan dan lulus RSA (Responsible Service of Alcohol).

  1. Waitress

Masih merasa kurang mampu untuk menjadi barista atau bartender? Kamu bisa melamar sebagai waitress.

Bekerja sebagai waitress bisa disesuaikan dengan lifestyle kamu disana. Kamu bisa cari informasinya dengan bertanya kepada pemilik restoran atau bisa melalui web Seek dan Indeed.

Jika kamu sudah mempunyai pengalaman menjadi waitress, kamu bisa incar restoran yang cukup terkenal di Australia. Dengan gaji AU$ 17,54/jam sampai AU$ 20,47/jam.

Namun sama halnya dengan menjadi bartender, apabila restoran tempat kamu bekerja menjual minuman alkohol, kamu harus memiliki sertifikat lulus RSA (Responsible Service of Alcohol).

  1. Kasir

Hal yang perlu kamu kuasai apabila melamar di pekerjaan ini adalah skill administrasi. Pekerjaan ini juga biasanya ditempatkan di dalam kota-kota besar.

Gaji yang akan kamu dapatkan sekitar AU$ 22,95 – AU$ 24,58/jam. Namun tergantung dimana tempat kamu bekerja.

  1. Kelasi

Australia terkenal akan alam yang membentang luas, salah satunya adalah lautan. Bekerja di bidang wisata, menjadi kelasi adalah pekerjaan yang cukup beresiko.

Karena tempat utama kamu bekerja adalah lautan luas. Pekerjaan ini tidak cocok untuk kamu yang suka mabuk lautan. Gaji yang ditawarkan pastinya sebanding dengan resiko dan tanggung jawab yang kamu pegang.

kerja di australia perkebunan
  1. Sektor Pertanian dan Perkebunan

Jobdesc untuk pekerjaan ini hanyalah kamu menanam dan memanen. Tidak ada kualifikasi khusus dan kamu bisa mendapat gaji sebesar AU$ 22,20 – AU$ 22,53/jam.

Terlihat mudah namun pekerjaan ini juga bergantung pada hasil bumi yang tentunya tidak menentu.

Contoh pekerjaan di atas harus kamu pertimbangkan dan cocokan dengan visa yang kamu punya. Dan carilah pekerjaan yang kamu sukai atau pekerjaan yang membuat kamu merasa nyaman untuk melakukannya sepanjang kontrak.

Apalagi kamu mencoba bekerja di negeri orang lain, tentunya banyak hal yang harus kamu pertimbangkan.

Itu dia cara, syarat, jenis visa dan prospek serta gaji untuk kerja di Australia. Gimana? Apakah kamu makin tertarik untuk bekerja di Australia? Atau masih bingung bagaimana cara daftarnya? Kamu bisa daftar kerja di Australia melalui norwest.co.id lho! Dengan cara mengisi form di berikut ini.