kuliah di Jerman – Bisa berkuliah tanpa biaya yang harus dibayarkan memang menggiurkan, apalagi kuliah di luar negeri. Siapa yang tidak mau? Semua pasti mau dan banyak peminatnya, apalagi warga Indonesia sangat berantusias jika melihat kata “gratis”.

Ternyata negara Jerman adalah negara yang mengusung program bisa kuliah gratis ini. Selain karena gratis, negara Jerman menjadi negara yang paling banyak diminati untuk para pencari kerja maupun untuk melanjutkan pendidikan. 

kuliah di Jerman gratis

Berikut beberapa alasan mengapa banyak orang yang berminat untuk kuliah di Jerman:

  • Memiliki banyak universitas yang sudah mendunia.

Ini menjadi alasan utama untuk para peminat yang ingin berkuliah di Jerman.

  • Banyaknya Lapangan Kerja

Di seluruh kota/negara yang ada di Jerman, tersebar luas dan banyak lowongan pekerjaan. Ini dikarenakan, ekonomi di Jerman tidak ditujukan hanya untuk salah satu kota saja. 

Seperti pusatnya industri otomotif berada di Munich dan Stuttgart, pusatnya finansial di Jerman berada di daerah Frankfurt, dan pusatnya untuk entertaiment baik dari segi media hingga  perdagangan berada di Hamburg.

So, pasti banyak kan lowongan pekerjaan yang bisa kamu pilih setelah lulus dari universitas di Jerman? 

  • Berada di tempat yang terjangkau

Kenapa dibilang terjangkau? Karena Jerman berbatasan langsung dengan 9 negara-negara besar di Eropa, dan Jerman berada di tengahnya. 

Bayangkan jika kamu berkuliah/tinggal di Jerman, dalam seminggu kamu bisa travelling ke beberapa negara hanya dengan menggunakan transportasi umum. 

Nah sebelum berkuliah kamu juga harus mengetahui jurusan apa saja yang berada di universitas di Jerman.

Daftar Jurusan kuliah di Jerman

Masih bingung mau mengambil jurusan apa untuk kuliah di Jerman? Banyak sekali Jurusan kuliah di Jerman yang bisa kamu pilih, semua jurusan ini sangat menjanjikan dari segi lapangan kerja dan gajinya. Pilih sesuai minat dan bakat kamu sehingga kamu akan terasa nyaman dan menikmati proses menuntut ilmu di negeri orang.

  • Bisnis dan Manajemen

Di jurusan ini terdapat beberapa program studi, seperti: Akuntansi, Manajemen, Pemasaran, Keuangan, Administrasi Kantor. Beberapa jurusan tersebut pastinya sangat banyak yang membutuhkan tenaga ahli. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan kamu.

  • Hukum

Di jurusan ini terdapat beberapa program studi, seperti: Hukum Internasional, Hukum Perdata, Hukum Pidana. Tentu saja lulusan hukum selalu diminati karena jenjang karir yang cemerlang dengan gaji yang tidak main-main. Kamu butuh tenaga ekstra fokus agar bisa menjadi lulusan terbaik dan bisa berkarier dimana saja.

  • Technology

Di jurusan ini kamu akan belajar tentang bagaimana mengelola software, multimedia, teknologi komputer, hingga membuat desain grafis. Ini merupakan salah satu jurusan kuliah di Jerman yang paling diminati. Karena Jurusan ini sangat dibutuhkan bahkan untuk masa depan profesi dari lulusan Jurusan ini akan sangat berguna sekali.

  • Humaniora

Jurusan ini cocok untuk kamu yang berpikir kritis dalam menghadapi persoalan. Program studi yang dapat diambil berupa: Sastra, Filsafat, Arkeologi, Ilmu Museum, juga Sejarah. Untuk kamu yang suka belajar sejarah dan filsafat cocok sekali mengambil jurusan satu ini.

  • Ilmu Pengetahuan Alam

Di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara mengkalkulasi kehidupan alam dan bagaimana caranya mengembangkan kemampuan ilmiah. 

Sama halnya dengan jurusan humaniora, jurusan IPA ini cocok untuk kamu yang suka berpikir kritis. Karena di jurusan ini banyak berpikirnya, dan memiliki tanggung jawab yang besar. 

Program studi yang ditawarkan oleh jurusan ini berupa: Geografi, Biologi, Astronomi, Fisika, Kimia, Matematika, Ilmu Biomedis dll yang berhubungan dengan alam semesta. 

Kamu bisa menjadi pengajar atau dosen dengan mengambil jurusan ini. Untuk kamu yang masuk SMA jurusan IPA sangat cocok sekali kuliah di Jerman dengan Jurusan ini.

Jurusan kuliah di Jerman
  • Ilmu Teknologi dan Teknik

Kamu akan belajar tentang bagaimana cara membuat dan merancang infrastruktur berdasarkan matematika dan ilmu alam. Intinya, jurusan ini untuk membuat produk yang berskala besar.

Program studi yang dapat diambil berupa: Teknik Mesin, Teknik Listrik, Otomotif, Elektronik, Struktur Bangunan, Teknik Kimia dan Material, Teknik Penerbangan dan Manufaktur dan Produksi.

Ilmu Teknik memang sangat dibutuhkan dari masa ke masa. Karena Ilmu prodi ini selalu berkembang dari jaman ke jaman. Jadi sudah jelas karir yang cemerlang dari lulusan Jurusan kuliah di Jerman ini patut untuk dicoba.

  • Medical 

Jurusan ini juga termasuk jurusan yang unggul di beberapa universitas besar di Jerman. Program Studi yang ditawarkan berupa: Keperawatan, Kedokteran, Psikologi, Fisiologi, dan Kedokteran Gigi.

Dengan Jurusan kuliah di Jerman ini kamu bisa langsung bekerja di Jerman sebagai perawat ataupun ahli gizi. Di Jerman sendiri sangat banyak dibutuhkan tenaga medis yang berkompeten. Jangan ditanyakan gaji berapa tentu saja sangat menjanjikan.

  • Pariwisata

Ini menjadi jurusan yang paling cocok apabila kamu suka jalan-jalan. Apalagi prospek kerja nantinya kamu bisa mengitari seluruh Jerman karena memiliki ilmunya dari jurusan ini. 

Program Studi yang dapat diambil berupa: Perhotelan, Perjalanan dan Pariwisata, Tata Boga, Teknologi Pangan, Penerbangan, dan Manajemen Hiburan Rekreasi. 

Bidang pariwisata memang sedang dalam kondisi kurang kondusif, namun untuk kamu yang suka dengan dunia pariwisata tidak ada salahnya mengambil Jurusan ini.

  • DKV

Untuk kamu yang suka seni, kamu bisa memilih jurusan ini. Karena disini kamu akan belajar tentang seni dibidang visual. Mulai dari membuat grafis dengan perangkat komputer, memahami bagaimana cara  membuat video game, dan untuk basicnya yaitu seni painting.

Program studi yang bisa dipilih seperti design graphics, design industries, interior design, design mode and textile, art, music, dan theatre.

Jurusan kuliah di Jerman ini hampir mirip dengan Jurusan Technology sama – sama dibutuhkan tenaga ahli. Bahkan dengan perkembangan dunia digital saat ini kemampuan lulusan ini bisa berguna untuk diri sendiri dalam mencari cuan.

Tertarik untuk kuliah di Jerman? Kamu bisa menanyakan informasi lengkap dengan mengisi biodata lengkap pada form berikut ini :

Daftar Universitas Terbaik di Jerman

Setelah mengetahui beberapa jurusan yang terdapat di universitas, berikut daftar nama-nama Universitas unggulan di negara Jerman, diantaranya:

  1. LMU (Ludwig Maximilians University) Munich

Universitas ini merupakan universitas tertua yang berada di Jerman. dan masih digunakan sampai saat ini.

  1. Technical University of Munich

TUM memiliki beberapa cabang kampus yang berada di Garching, Freising, Heilbronn, Straubing, dan Singapura. Universitas ini didirikan pada tahun 60an.

Universitas ini hanya untuk jurusan seperti technology, medical, science, dan studi teknik.

cara kuliah di Jerman
  1. University of Heidelberg

Sama seperti LMU, Universitas ini menjadi universitas tertua yang berada di Jerman karena didirikan pada tahun 1386.

  1. Charite Universitätsmedizin Berlin

Untuk kamu yang ingin kuliah dengan mengambil jurusan kedokteran, Universitas ini sangat tepat untuk kamu. Karena Charite merupakan universitas pendidikan rumah sakit terbaik di Eropa dan menjadi salah satu universitas terbaik di dunia.

  1. Humboldt University Berlin

Ini adalah universitas yang berfokus pada jurusan art dan ilmu pengetahuan budaya. Dikenal dunia melalui penemuan pendidikan holistik yang sistem belajarnya melalui teori dan melakukan penelitian.

  1. University of Tubingen

Jika kamu menyukai bidang pembelajaran seperti hukum, arkeologi, filosofi dan teologi, Tubingen ini merupakan salah satu tempat terbagus untuk kamu melanjutkan studi.

  1. Freie University of Berlin

Salah satu youtuber creators tanah air yaitu Gita Savitri Devi merupakan alumni dari universitas ini. Unggul dalam ilmu politik dan budaya yang menjadikannya riset elit di Jerman.

  1. RWTH Aachen University

BJ Habibie merupakan alumni dari universitas ini. Makanya universitas ini menjadi universitas jurusan teknik dan ilmu alam terbesar di Jerman.

  1. University of Freiburg

Universitas ini merupakan universitas tertua kelima di Jerman yang sampai saat ini masih beroperasi. 

Jurusan andalannya berupa ilmu pengetahuan budaya, ilmu sosial, dan teknologi.

  1. University of Bonn

Ini merupakan universitas riset terbaik di dunia yang didirikan pada tahun 1818. Jika kamu masuk ke universitas ini, kamu tidak perlu takut jika nantinya tidak akan menemukan mahasiswa internasional lainnya, karena di universitas ini terdapat banyak sekali mahasiswa internasional.

Biaya Kuliah di Jerman dan Biaya Hidup di Jerman

Itu dia beberapa penjelasan tentang Universitas terkenal yang berada di Jerman. Dan pada tahun 2014, terdapat 16 negara yang ada di Jerman melakukan program meniadakan biaya kuliah. 

Program ini berlaku untuk semua mahasiswa, baik dari mahasiswa dalam negeri maupun dari luar negeri dengan gelar sarjana di universitas negeri. 

Namun yang perlu kamu ingat, artian kata gratis disini tidak 100% kamu tidak bayar apapun.

Karena terdapat beberapa biaya yang tidak bisa dihindari (harus dibayar). Seperti biaya administrasi, acara-acara yang akan dilakukan oleh mahasiswa, dan fasilitas seperti saran olahraga, kantin.

Per semester biaya yang harus dibayarkan yaitu sekitar €100 – 439 EUR.

Biaya tersebut dibayarkan kalau kamu masuk universitas negeri, sedangkan jika kamu masuk universitas swasta kamu tetap harus membayarnya dengan uang pribadi.

Untuk kamu yang baru lulus SMA dan berkeinginan kuliah di Jerman, kamu wajib menyelesaikan Studienkolleg terlebih dahulu. Dan tentunya harganya pun tidak murah.

Studienkolleg adalah kursus yang wajib diikuti oleh warga asing apabila ingin melanjutkan pendidikan di Jerman, seperti universitas.

Namun, ada satu-satunya negara di bagian Jerman yang bernama Baden-Wurttemberg, yang memberlakukan program bebas biaya kuliah ini hanya untuk mahasiswa lokal saja.

Sedangkan untuk mahasiswa asing akan dikenakan biaya sebesar €3,000/tahun (kurang lebih Rp 50 juta/tahun).

Biaya perkuliahan ini pun belum dihitung dengan biaya hidup kamu selama disana. 

Biaya hidup yang harus dibayarkan seperti sewa tempat tinggal dan utilitas dengan biaya (€323), makan dan minum (€168), pakaian (€42), working/learning materials (€20), travel costs – car and public transport – (€94), health insurance, medical costs, medicine (€80) phone, internet, TV (€31), leisure, culture, sports (€61). Total biayanya sekitar €819/bulan, biaya yang cukup banyak, bukan?

Maka dari itu, biasanya terdapat syarat yang wajib kamu penuhi jika kamu ingin berkuliah dan agar mendapatkan visa studi di Jerman yaitu mempunyai uang jaminan sebesar €10.236/tahun. Uang tersebut akan disimpan oleh pihak universitas di Deutsch Bank.

Juga untuk tempat tinggal kamu bisa tinggal dengan mahasiswa yang lain dan membagi dua bayarannya untuk menghemat biaya. 

Nah, untuk meringankan beban biaya kuliah, kamu bisa mendaftarkan diri ke beasiswa yang ada sebelum memulai perkuliahan.

Beasiswa kuliah di Jerman gratis

Ingin kuliah di Jerman gratis? tentu saja ada beberapa beasiswa yang bisa kamu coba. Gratis disini dalam artian biaya kuliah ya, tidak termasuk biaya yang diharuskan ketika ada tugas dan semacamnya.

DAAD Scholarships

Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD Scholarship) adalah beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin berkuliah di Jerman. 

Beasiswa ini dikhususkan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi dari universitas di Indonesia ke Jerman dengan gelar master ataupun doktoral.

Beasiswa kuliah di Jerman

Walaupun kamu sudah mengikuti beasiswa yang lain, kamu tetap bisa mendaftar DAAD Scholarships ini loh! Syarat apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar DAAD?

  • CV
  • Application Letter
  • Motivation Letter
  • Recommendation Letter
  • Work Experience Letter
  • Sertifikat Bahasa
  • Ijazah (fotocopy) 
  • Transkrip Nilai (fotocopy)

LPDP Scholarships

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah lembaga yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia yang berguna untuk membantu pendanaan kuliah para mahasiswa Indonesia yang berkeinginan kuliah di luar negeri untuk melanjutkan studi S2 dan S3.

Pada umumnya LPDP ini bisa digunakan untuk berbagai universitas di banyak negara, termasuk universitas di Jerman. 

Pada tahun 2010, LPDP telah mengakumulasikan dana sebanyak Rp 70,10 triliun dana tetap. Dan sekitar 28.000 mahasiswa sudah menggunakan beasiswa ini.

Dilansir dari kemlu.go.id berikut beberapa universitas di Jerman yang bisa kamu pilih yaitu Technical University Munich, University of Munich, Heidelberg University, University of Freiburg, RWTH Aachen, University of Gottingen, dan University of Bonn, University of Bremen, Technical University of Dresden, University of Tuebingen, dan University of Cologne. 

Daftar lengkap universitas yang dapat dilamar di jenjang S2 dan S3 dapat dilihat di laman resmi LPDP, www.lpdp.kemenkeu.go.id.

Pada tahun ini LPDP sudah membuka kembali kesempatan beasiswa tersebut untuk para calon mahasiswa berkuliah di Jerman. 

Pendaftaran sudah dibuka mulai dari tanggal 25 Februari 2022.

Tertarik untuk coba apply? Berikut syarat pendaftarannya

  • Untuk lanjut S2 pastikan kamu memiliki IPK sebesar 3,00
  • Untuk lanjut S3 pastikan kamu memiliki IPK sebesar 3,25
  • Syarat Bahasa terpenuhi
  • Untuk magister usia max. 35 tahun
  • Untuk doktor usia max. 40 tahun

Jika kamu sudah mempertimbangkan kemana kamu akan daftar beasiswanya, selanjutnya kamu harus mengetahui apa saja cara dan syarat untuk kuliah gratis di Jerman:

  1. Kamu harus memiliki visa
  2. Sertakan bukti beasiswa atau sumber keuangan kamu 
  3. Ijazah SMA/SMK
  4. Mampu berbahasa Jerman dengan baik (tidak perlu jika kamu mengambil program gelar internasional)
  5. Health Insurance
  6. Melakukan Test for Foreign Students (TestAS)

Pertimbangkan dengan benar-benar sebelum kamu memutuskan untuk pergi melanjutkan pendidikan di negara Jerman.

Nah, sebelum mendaftar kuliah di Jerman gratis persiapkan diri kamu dengan mengikuti kelas kursus bahasa Jerman di norwest.co.id. Untuk info lengkap mengenai cara kuliah di Jerman bisa mengisi biodata lengkap pada form berikut ini :